Jumat, Mei 18, 2012

baca buku itu gaul

hi there!

"Ma, beliin sepatu bola merk ini..."

hampir setiap hari gue mendengar adik bungsu gue merengek - rengek minta ini dan itu kepada mama. tapi tidak satu kalipun adik gue meminta pernah dibelikan benda ini, buku.

kemaren, sewaktu gue ngider sendirian di gramedia, melihat - lihat buku keluaran terbaru, novel - novel lama, sebelum akhirnya gue memutuskan untuk memilih sebuah novel buah karya salah satu penulis favorit gue, mbak Orizuka yang berjudul "I FOR YOU", yang bahkan belum gue sentuh plastik package-nya, gue mendengar percakapan antara seorang ibu dengan anak gadisnya yang berusia kira - kira sebaya adik bungsu gue.

"Ma, kalo buku ini boleh ga?" tanya si anak Gadis.

"Itu buku terjemahan, lho! ceritanya fiksi imajinatif gitu.." komentar si Mama.

"Ga papa, Ma. aku mau baca..."

si Mama lalu mengiyakan anak gadisnya.

seandainya adik bungsu gue juga punya keinginan yang sama seperti anak di atas, pastilah mimpi gue untuk punya pustaka pribadi di rumah bukanlah suatu hal yang mustahil.

membujuk adik bungsu gue untuk meningkatkan minat bacanya adalah hal tersulit buat gue saat ini. selain hal - hal seperti bola dan main video game, layaknya anak laki - laki biasanya, sangat susah untuk membangkitkan hal - hal positif pada adik bungsu gue ini. terutama MEMBACA. jangankan novel fiksi, sekedar komik NARUTO saja adik gue ogah untuk membacanya.

kalau semua anak Indonesia zaman sekarang seperti ini minat membacanya, sungguh tidak mungkin dibayangkan Indonesia akan semakin jauh tertinggal dibanding negara lainnya.

jangan ngaku gaul kalo modal yang kita punya cuma smartphone yang ntah kita punya pun hanya untuk pretise. jangan ngaku gaul kalo modal kita cuma tampang sama baju - baju keren. jangan ngaku gaul kalo wawasan yang kita punya itu cetek! "baca buku itu GAUL"!

ayo mulai dari diri sendiri! :D

2 komentar:

mengatakan...