Selasa, Januari 03, 2012

sistem >< budak

hi there! sorry ni bahasan kali ini agak sedikit lebih serius dibanding biasanya. karena sejujurnya apa yang terjadi belakangan kian membuat gue dan teman teman seperjuangan merasa sesak. oke, muqoddimah aja udah bikin mumet. took a deep breath... mari kita coba santai saja.

dulu, di dunia berlaku yang namanya sistem budak. sekarang, kita adalah budak sistem!

pengertian sistem menurut beberapa situs tetangga (copas):

Menurut Wikipedia berbahasa indonesia, Pengertian Sistem dalam pengertian yang paling umum adalahsekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Kata sistem sendiri berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Sedangkan menurut para ahli, Pengertian Sistem diartikan sebagai berikut :
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu
antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut ANATOL RAPOROT
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
Menurut L. ACKOF
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang
terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu
sama lainnya
apa hubungannya definisi sistem sama postingan gue kali ini?

setelah gue sadari, kita semua telah dikuasai oleh sistem sejak kita mengenyam bangku pendidikan, minimal sekolah dasar, khususnya sistem pendidikan. tapi kalo di bangku sekolah yang mengelola sistem adalah dinas pendidikan, di perguruan tinggi sistem ada di tangan para penguasa lembaga ini. contohnya kalo di fakultas gue adalah dekan.

gue kuliah di sebuah universitas dengan program study yang katanya termasuk jejeran terbaik di negeri ini. tapi sejak gue berpaham sebagai mahasiswa yang kritis, gue agak jengah dengan sistem yang berlaku. bayangin aja, sejak pertama kali gue menginjakkan kaki di sana sampai saat sekarang, sistemnya selalu diganti.

awalnya gue mikir, yaudahlah biarin aja, let it flow... tapi lama lama prinsip let it flow ini agak nggak bisa diterapkan lagi. sampai kapan kita mahasiswa mau diperbudak oleh sistem? gue juga nggak mau cuman bermulut besar di sini. yaaah, doakan saja kami mahasiswa ini segera menemukan langkah untuk memerdekakan diri dari status budak sistem. karena yang terpenting adalah saling mendoakan. *konklusi yang sedikit nggak nyambung memang. hehehe :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mengatakan...